Membangun Motivasi

Alhamdulillahirabil’alamin, Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan  karunia,riski,taufik dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dalam acara arisan dan pengajian rutin tanpa kurang suatu apa,tak lupa shalawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada nabi kita,rosulullah Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman jahiliah,jaman kegelapan ke jaman yang terang benderang seperti  sekarang ini.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan materi tentang membangun motivasi yang saya ambil dari buku nya Bpk Roni Ismail yang berjudul berjudul Menuju Hidup Islami .

Terkadang banyak kendala yang menyebabkan seseorang menjadi pesimis dalam menjalani hidup ini,bahkan hilang harapan atau putus asa.namun,penyebab yang lebih dominan dari sikap putus asa ini justru datang dari diri kita sendiri,bukan dari luar,tidak jarang kita merasa  kalah sebelum berperang,merasa minder sebelum bersaing,dan malas sebelum mencoba setiap kesempatan yang ada,padahal allah telah mengisyaratkan kepada umatnya-Nya untuk selalu berkompetisi,


…Berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan…(Q.S. al-baqarah[2]:148)
Kehidupan yang semakin komplek ini tidak mungkin menjadi berarti apabila ”diperankan” oleh orang-orang yang dalam dirinya hanya didominasi oleh pemikiran-pemikiran pesimis yang melemahkan,bahkan menghilangkan motivasi.

Menurut Daniel  Goleman (1998),terdapat empat motivasi yang umumnya dimiliki orang yang sukses. Pertama,dorongan berprestasi,yakni dorongan untuk meningkatkan keunggulan. Kedua,komitmen,yakni menyelaraskan diri dengan tujuan yang ingin dicapai. ketiga,inisiatif,yakni kesiapan untuk memanfaatkan kesempatan dan keempat,optimisme,yakni kegigihan dalam memperjuangkan cita-cita atautujuan walaupun ada halangan dan kegagalan.

Konon sebelum berhasil menemukan lampu pijar Thomas Alfa Edison mengalami kegagalan sebanyak 9000 kali. Namun dia terus berkomitmen dan optimis agar dunia ini menjadi terang-benderang.setiap kali gagal Alfa Edison berkesimpulan bahwa ia telah menemukan kesalahan dalam proses belajar atau penemuan,sehingga menjadi pelajaran yang sangat berharga baginya.

Teman-teman saya juga punya cerita yang saya dapat dari kampus saya pada saat Pelatihan.ini adalah kasus Rudi Hartono seorang Atlit bulu tangkis dari Indonesia yang 8 kali berturut-turut menjadi juara tunggal dan sampai sekarang rekor itu belum ada yang menyerupai.

Suatu saat Rudi Hartono bertanding di kejuaraan All England menghadapi Sture Johnson,juara Eropa asal Swedia,situasi benar-benar kritis,pada set pertama Sture Johnson unggul 15-4 dan set kedua unggul 14-0.semua pendengar RRI dan Pemirsa TVRI benar-benar terhenyak,satu angka lagi tamatlah Rudi Hartono.

Alhamdulillah,teriak penyiar RRI,shutelcock berpindah ke tangan Rudi.”Aku ingin satu angka saja” kata rudi ketika memulai service,ternyata 1-14 ”Aku ingin satu angka lagi”, dan terjadilah 2-14.

Akhirnya 14-14 dan Rudi mengakhiri set kedua dengan 17-14,set ketiga,Rudi lagi-lagi meneriakkan ” aku ingin satu angka lagi,aku ingin satu angka lagi” dan set ketiga berakhir dengan kemenangan Rudi 15-0 atas lawannya.Ia pun maju ke babak final melawan finalis dari Denmark,Spend Pri Punck Gunalan berkomentar: “ jika melawan Rudi,sebelum mencapai angka 15 belum menang ”.

Dari cerita diatas dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi bisa kita datangkan dari diri kita sendiri,14-0 sesuatu yang sangat kecil kemungkinan menang dapat berbalik arah karena motivasi yang tinggi dari diri Rudi. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini dapat menjadi wawasan untuk membangun motivasi teman-teman dalam berkompetisi menghadapi rintangan .sekian dari saya wassalamu’alaikum wr.wb

Pengajian
Di tempat Sdr/i: Dian Anggit (Rt 1)
Di isi Sdr: Roy
MC Sdr: Fajar

1 Response to "Membangun Motivasi"

  1. Fukumitus says:

    Kisah yang sangat menarik,, thanks telah berbagi. Salam kenal

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar anda,koment yang kurang sopan,mencemarkan nama baik,mencemooh dll yang dianggap kurang pantas akan dihapus dari blog moejahidmuda.blogspot.com

Terimakasih Atas Komentar Anda